Selasa, 11 Desember 2012

Posted by Unknown |
teman ane ada crita lgi nih, wahh.. kyknya menarik bgt buat di baca dan yg pastinya ada hikmah yg sangat besar. kita baca yukk.. :D
bismillah.. 
saat itu para sahabat sedang berkumpul dengan rasulullah. Tiba-tiba salah seorang sahabat mendekati rasulullah. Dia ingin sekali berbicara tentang sholat yang selama ini dia lakukan.
           "ya Rasulullah," panggil sahabt itu. "kenapa setiap kali saya sholat, saya tidak bisa khusuk dari takbir hingga salam. Saya selalu ingat urusan-urusan dunia dalam sholat saya. Kadang-kadang, saya ingat persoalan yang belum selesai. kadang-kadang, saya juga ingat hutang piutang saya," lanjutnya.
           Rasulullah terdiam sejenak, "sahabatku, sebetulnya tidak ada orang yang bisa khusuk sholat sejak takbir hingga salam," kata Rasulullah. "ohh..,benarkah?" kata sahabat itu.
           tiba-tiba Ali bin Abi thalib terbatuk kecil, "siapa bilang ya Rasulullah. saya bisa sholat khusuk dari takbir hingga salam," ujarnya. "betul kamu bisa?" tanya Rasulullah menyakinkan. "betul" kata ali. 
           "kalau memang betul kamu bisa khusuk hsolat dari takbir hingga salam, aku akan berikan sorbanku yang paling bagus sebagai hadiah." 
            Ali bin Abi thalib tertantang. Dia lalu berdiri dan sholat sunat dua roka'at. Dia tampak Khusuk sekali. Rasulullah menunggu hingga selesai. "bagaimana? apa kamu bisa khusuk sholat dari takbir hingga salam?" tanya Rasulullah stelah ali bin abi thalib selesai sholat.
            Ali bin abi thalib terdiam, wajahnya tertunduk. "sejak roka'at pertama hingga roka'at kedua saya bisa khusuk sekali," jawabnya. kemudian, "demikian juga ketika sujud yang terakhir hingga duduk tasyahud. "lantas" tanya Rasulullah. "lantas, ketika hampir salam, tiba-tiba pikiran saya berubah, wahai rasulullah. saya teringat pada janji engkau untuk memberi saya sorban yang paling bagus. jadi, rusaklah kekhusukan saya."
            Rasulullah tersenyum, "iya, begitulah kita sholat," kata Rasulullah. kekhusukan sholat itu diukur oleh Allah sebatas kemampuan orang melakukannya. jika di tengah-tengah sholat, kekhusukan sholat tiba-tiba berubah, segeralah kembali kepada sholat kita.
            "saat beribadah, sebaiknya kita seolah-olah melihat Allah. kalau tidak bisa, kita coba mengingat bahwa Allah selalu melihat kita. itu sudah cukup buat kita." begitulah nasehat Rasulullah kepada sahabatnya. Nasihat itu bisa kita ikuti sebagai umat Nabi Muhammad Saw. supaya kita bisa sholat dengan khusuk.

PESAN DARI CERITA INI ADALAH
            dalam beribadah, sebaiknya kita melakukan yang terbaik. kita hanya bisa berusaha dan Allah yang menentukan.

wowww.. subhanallah, maha besar Allah.teman sekarang kita sudah tau kan, smua orang sholat tidak akan bisa khusuk. dan orang itu bisa khusuk sesuai dgn kemampuannya. :) smoga bermanfaat ya, 
wassalamualaikum. :)



0 komentar:

Posting Komentar